Sabtu, 29 Oktober 2016

10 Teknik Membuat Password yang Sulit Dibobol


Ilustrasi (Foto: Tndbrasil.com.br)


Membuat password yang sangat sulit ditembus merupakan suatu cara antisipasi dari serangan cybercrime yang terjadi belakangan ini. Para ahli keamanan cyber seringkali mengingatkan pengguna internet untuk mengamankan data pribadi yang dibagikan secara publik di media online. Mereka juga selalu menyerukan agar tidak terlalu mengobral data pribadi di dunia maya, karena rawan untuk disalahgunakan.
Salah satu cara untuk mengamankan data adalah membuat password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Sayangnya, password yang demikian itu susah untuk diingat sehingga terkadang justru menyulitkan kita.
Sementara jika password lemah dan mudah ditebak, maka orang-orang yang tidak bertanggungjawab akan dengan mudah mencuri data pribadi kita.
Namun jangan khawatir. Dengan beberapa trik dan tips, kita bisa membuat password aneh yang sulit ditebak tapi mudah kita ingat.
Kuncinya adalah membuat password yang tidak biasa dan tak terduga tapi masih bisa kita ingat sendiri dengan mudah.
1. Semakin panjang password, semakin baik
Salah satu trik fantastis namun sederhana agar password Anda aman adalah dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf sehingga membentuk password yang panjang.
Tapi Anda harus cukup cerdas untuk mengingat password dengan mudah misalnya, alih-alih menulis 'L1nuxS3rv3r2o!6', Anda menulis 'ThisIsMyOwn2016LinuxServer!!'
2. Buat password seunik mungkin
Menggabungkan dua atau lebih kata acak yang berbeda yang Anda sering ingat untuk menciptakan satu password yang kuat.
Misalkan Blendictionary (dari kata Blend dan Dictionary) atau Not Obvious (dari kata Not dan Obvious). Anda bisa juga menyelipkan angka di antaranya sesuai dengan kemampuan mengingat Anda.
3. Peretas tidak pernah bisa memecahkan kombinasi password yang cerdas
Anda bisa membuat password dari peribahasa atau kata-kata mutiara favorit Anda. Misalnya, kata-kata 'Life Is Too Short To Wait' yang bisa Anda ambil tiap huruf pertamanya untuk dijadikan password. Sehingga password Anda berbunyi 'Litstw' yang tentu saja tak punya makna apa-apa dan sulit untuk diterjemahkan oleh siapa pun.

4. Password yang tak terduga
Mungkin Anda pernah menulis password dan muncul tulisan 'Your password is incorrect'. Nah, bagaimana kalau Anda menggunakan kata 'incorrect' itu sebagai password. Ini trik yang jitu untuk mereka yang pelupa dengan password. Karena setiap kali salah mengetik password, Anda akan menemukan jawabannya tepat di depan Anda. Tentu saja akan lebih aman jika saat membuat password itu Anda memperhatikan huruf kecil-besar dan karakter tambahan lainnya.
5. Cobalah lebih kreatif
Anda bisa menggunakan kata-kata dalam berbagai bahasa di dunia untuk menciptakan password. Misalnya, Anda yang suka memplesetkan bahasa Inggris bisa menulis welcome=keset atau thegun=kelapamuda.
6. Jika hanya ingat nomor ponsel
Kita pasti tidak pernah bisa melupakan nomor ponsel. Jadi, bagaimana jika mengkonversi nomor ponsel menjadi huruf untuk dijadikan password? Jika nomor ponsel Anda adalah 0822313468, Anda bisa membuat password dengan menulis NolDelapanDuaDuaTigaSatuTigaEmpatEnamDelapan.
7. Terinspirasi film
Cobalah menggabungkan judul film atau lagu dan karakter film favorit untuk menciptakan password yang unik. Misalnya, lagu favorit adalah lagu Eminem berjudul My Name Is dan karakter yang paling disukai adalah James Bond 007. Sehingga password-nya menjadi MyNameIsBond#007.
8. Menggunakan nama tempat atau orang yang sulit dieja
Banyak yang sering salah mengeja Czechoslovakia secara benar. Jadi, mengapa tidak menggunakannya sebagai password?
9. Mengganti huruf dengan angka
Gunakan angka sebagai pengganti beberapa huruf dalam password Anda, seperti wr0ngPas5w0rd.
10. Memperpanjang password yang sudah ada
Jika Anda merasa kesulitan membuat password baru dan lebih suka memakai password lama, Anda bisa menambahkan karakter khusus atau angka di belakangnya. Misalnya, password saat ini adalah Axis#47B, maka menjadi Axis#47B@@@@1100.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar