Minggu, 30 Oktober 2016

Berusia 61 Tahun , Bill Gates Masih Jadi Orang Terkaya di Dunia


Jumat 28 Oktober 2016 waktu Indonesia, atau sabtu waktu Amerika Serikat, merupakan hari lahir dan Bill Gates yang sekarang telah berusia 61 Tahun.usia merupakan usia yang sudah tak produktif, walaupun begitu Pendiri sekaligus pencipta  Microsoft ini belum masih jadi orang terkaya nomor satu di Dunia dan juga belum terlengser dari predikat orang terkaya di dunia hingga saat ini.

Gates mencatat kekayaan sebesar 81,9 miliar dollar AS atau setara Rp 1.157 triliun menurut majalah Forbes, sebagaimana dilaporkan Timed

Di bawah Gates, ada dua pengusaha mapan dan sukses yang mendekati angka kekayaannya, yakni Amancio Ortega dan Jezz Bezos.

Ortega adalah pemilik grup bisnis fashionyang memegang jaringan merek kawakan Zara. Sementara itu, Bezos adalah pendiri raksasa e-commerce Amazon. 

Ortega masih ketinggalan 6,5 miliar dollar AS (Rp 84 triliun) dan Bezos harus mengumpulkan 14,2 miliar dollar AS (Rp 184 triliun) untuk menyamai kekayaan Gates. 

Paling kaya dan paling dermawan
Satu hal yang perlu digarisbawahi, posisi orang terkaya tak diemban Gates dengan cara terus-menerus menggali harta karun dan menyimpannya untuk diri sendiri. Pada saat bersamaan, pria itu juga menjadi pengusaha paling dermawan di dunia. 

Gates telah mendonasikan lebih dari 36 miliar dollar AS atau senilai Rp 467 triliun untuk Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan amal tersebut didirikan oleh Gates dan istrinya, Melinda. 

Bersifat non-profit, Bill & Melinda Gates fokus pada tujuan menyejahterakan warga AS dan dunia. Pada 2014, yayasan itu mendonasikan 50 juta dollar AS (Rp 649 miliar) untuk melawan ebola di Afrika Barat. 

Pada Juni lalu, 100.000 ayam ternak dikirim ke warga sub-sahara Afrika yang hidup dalam kemiskinan. Lantas awal bulan ini, sekitar 250 juta dollar AS (Rp 3,2 triliun) didonasikan untuk program kesehatan dunia yang diinisiasi University of Washington. 

Angka donasi itu merupakan kontribusi terbesar sepanjang sejarah yang pernah diberikan seseorang kepada sebuah universitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar