Minggu, 30 Oktober 2016

Bumi Tampak Kecil Diantara Miliaran Bintang Galaxy


Bumi merupak salah satu bintang yang ada di Galaxy Bima Sakti. Ilmuwan telah menemukan fakta bahwa terdapat miliaran planet di galaksi Bima Sakti. Ilmuwan terus mencari tanpa mengenal lelah dan hari untuk mencari tahu apakah ada kehidupan dan peradaban di luar planet Bumi.

Bila mengamati dari sisi ukuran, Bumi memang lebih besar daripada Bulan bahkan lebih besar lagi dibandingkan Mars. Namun, tahukah Anda bahwa Bumi yang dihuni manusia ini sangat kecil di antara jutaan planet atau bintang di alam semesta.

Video The Biggest Stars In The Universe yang diunggah The Science Channel di YouTubememperlihatkan, perbandingan dari setiap ukuran planet dan bintang. Video tersebut telah ditonton lebih dari 2,8 juta pengakses YouTube.
Rupanya, matahari yang berukuran diameter 1,3 jutaan kilometer masih kalah besar dibanding Sirius A, yang disebut sebagai bintang paling terang. Sirius A memiliki diameter 2 juta kilometer.

Video juga menunjukkan ukuran yang lebih besar daripada Sirius A, yakni Pollux (Orange Giant), Arcturus (Red Giant), Aldebaran (Red Giant), Rigel (Blue Supergiant), Pistol Star (Blue Hypergiant), Antares A (Red Supergiant), Mu Cephei (Red Supergiant) hingga VY Canis Majoris (Red Hypergiant).
Pada posisi VY Canis Majoris, video menunjukkan bahwa Bumi hanya setitik kecil putih yang bahkan hampir tidak terlihat. VY Canis Majoris memiliki diameter 2,8 miliar kilometer.

Diperlihatkan perumpamaan, apabila pesawat terbang melesat di kecepatan 900 kilometer per jam di atas bintang raksasa tersebut, maka diperlukan waktu selama 1.100 tahun untuk mengitari satu putaran penuh.
Lebih lanjut video menunjukkan, VY Canis Majoris hanya satu titik kecil di antara miliaran bintang-bintang lainnya di galaksi Bima Sakti. Dan, ada ratusan miliar galaksi di alam semesta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar