Kamis, 27 Oktober 2016

Jarang Diketahui! Inilah 5 Fakta Pesawat, Mulai ke Mana Kotoran di Toilet Dibuang


Ilustrasi Pesawat (ayobuka.com)
Pesawat adalah salah satu pilihan utama yang sangat disukai oleh masyarakat dalam menggunakan  transportasi umum.selain menawarkan kecepatan peswawat juga dapat menjangkau  daerah yang tak terjangkau oleh transportasi darat dan laut. Misal saja wilayah terpencil di Provinsi Papua atau di ketinggian Gunung Himalaya. Sebenarnya dengan menggunakan metode transportasi darat dapat dilakukan hanya saja  membutuhkan waktu lama hingga berhari-hari.

 Nah, bagi kamu yang suka naik pesawat, ada beberapa hal yang diketahui nih. Jangan cuma asal naik, lantas duduk di kursi, dan menunggu untuk sampai di tempat tujuan.
Ada beberapa fakta menarik tentang pesawat yang harus kamu tahu.
1. Kenapa pesawat warnanya putih?
TRIBUN JOGJA/Rento Ari Nugroho
Pernah nggak sih kepikiran pertanyaan, kenapa warna pesawat harus putih? Ya, meski ada maskapai yang mengecat pesawatnya dengan warna lain misalnya merah, hijau, atau biru. Tentu bukan tanpa sebab.
Warna putih bisa memantulkan sinar sehingga badan pesawat tidak kepanasan. Tak hanya itu, warna putih akan sangat membantu ketika ada permukaan pesawat yang penyok.
Selain itu, mengecat pesawat dengan warna putih tentu lebih mudah dan cepat sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah.
2. Di Mana Pilot dan Pramugari Beristirahat
Boeing
Pilot dan pramugari juga manusia yang butuh istirahat, apalagi jika tengah bertugas di penerbangan jarak jauh alias long haul. Lantas di mana mereka beristirahat, mengingat hampir semua badan pesawat terisi oleh kursi penumpang?
Di pesawat Boeing 777, terdapat ruang istirahat pilot di atas kabin penumpang kelas satu. Ruang khusus ini terdiri dari tempat tidur dan kursi berkelas bisnis yang nyaman. Di sampingnya ada tempat mencuci muka dan membersihkan diri.
Sementara itu, bagi pramugari disediakan tempat di atas kepala para penumpang. Untuk ukuran dan posisinya tergantung dari model pesawat. Namun biasanya terletak di kokpit dan di atas kabin first class.
Untuk menuju ke sana, ada tangga rahasia menuju tempat tidur tanpa jendela dan dikenal sebagai Crew Rest Compartments (CRCs).
3. Mengangkut Jenazah
wikipedia.org
Jangan salah, pesawat tak hanya mengangkut manusia. Diungkapkan situs Quora, sebagian besar maskapai penerbangan dalam negeri malah membawa jenazah atau anggota tubuh manusia.
4. Ke Mana Kotoran di Toilet Pesawat Dibuang?
abcnews.go.com/images.express.co.uk
Tentu ini yang jadi pertanyaan banyak orang, saat kita buang air kecil atau besar di pesawat, ke mana sih kotoran itu dibuang? Nggak mungkin akan dibuang di udara, bisa bikin geger tuh.
Faktanya, kotoran para pengguna toilet akan dialirkan ke selang pembuangan yang berupa tangki di bagian bawah pesawat. Tangki ini berukuran cukup besar karena bisa menampung kurang lebih 600 galon kotoran.
Limbah ini tetap berada di dalam pesawat dan akan dipindahkan ketika pesawat sudah mendarat ke sebuah truck septictank.
Jadi, bisa kamu bayangkan, di bawah kakimu ada tangki yang bisa berisi 600 galon kotoran.
5. Kenapa Lampu Pesawat Harus Dimatikan Saat Take Off?
rd.com
Lampu kabin selalu dimatikan saat akan lepas landas atau saat mendarat , Aturan itu ada alasannya lho.
Tindakan tersebut merupakan bagian dari standar keamanan saat terbang dengan pesawat udara. Hal itu akan mempermudah evakuasi penumpang jika pesawat mengalami keadaan darurat.
Dalam kondisi lampu mati, petunjuk jalan untuk evakuasi yang ada di lantai kabin akan terlihat lebih jelas. Jika lampu kabin tetap nyala saat pesawat mengalami keadaan darurat, maka penumpang akan kesulitan untuk melihat situasi yang ada di sekitar pesawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar