Selasa, 25 Oktober 2016

Menengok Kecantikan Pantai Gesing di Gunung Kidul




Seolah tak akan  ada akhirnya pantai-pantai yang sangat indah di Gunungkidul yang wajib dipublikasikan, memiliki pesona keindahan yang mampu menyihir para wisatawan. Pantai-pantai cantik yang berlokasi beraebelahan dan tak kalah indah dengan pantai di Pulau Dewata Bali.Salah satu pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa adalah Pantai Gesing, pantai ini merupakan satu dari sekian banyak pantai cantik di Gunungkidul.
Beragam cara wisatawan menilai keindahan suatu pantai, namun tentu sepakat jika pantai itu berpasir landai putih bersih, dan beningnya air pantai yang kehijau biruan. Nah, di pantai ini wisatawan bisa menikmatinya.
Jika pantai lainnya ada satu titik lokasi, atau dua lokasi untuk menikmati seluruh pantai, namun di Pantai Gesing wisatawan bisa menikmatinya sampai tiga titik lokasi. Boleh dibilang, inilah pantai yang paling luas areanya di deretan Pantai Gunungkidul.
Jalan menuju pantai beraspal mulus, bahkan sampai tiba di tepi pantai. Dari atas ketinggian, pada jalan turunan, hamparan eloknya Pantai Gesing sudang menggugah rasa untuk memuji pantai ini. Dengan warna pantai hijau ke biruan yang jarang dimiliki pantai lainnya, membuat kami secepatnya menangkap fenoma keindahan alam di Pantai Gesing. Mumpung hari masih sangat cerah.
Pantai Gesing
Paranelayan mendorong perahunya di Pantai Gesing 
Dari atas bukit di sebelah barat Pantai Gesing, kami melihat perahu nelayan bermesin mulai di dorong ke tengah pantai. Satu per satu perahu yang berjejar rapi di atas pasir putih itu menuju ke Samudera Hindia. Sama halnya dengan Pantai Ngerenehan, Pantai Baron, Pantai Depok, dan dan pantai yang lainnya, warga di pesisir pantai memanfaatkan sumberdaya laut berupa ikan untuk mengais rezeki.

Dengan perahu sederhana itu yang diisi beberapa nelayan, mereka membelah lautan yang sangat terkenal ombak besar di dunia ini. Ya, mereka adalah generasi yang masih membudayakan melaut sebagai profesinya.
Bukahkah nenek moyang bangsa Indonesia seorang pelaut? Bahkan zaman kerajaan dulu, pelaut kita sangat disegani oleh dunia. Lautan yang mengelilingi Pulau Indonesia ini menjadikan mereka manusia-manusia tangguh di masanya, dan juga menjadikan sumber kehidupan dari melaut.
Pantai Gesing

















Selain menangkap ikan dengan jala di atas perahu, di Pantai Gesing juga tempat para pemancing mania. Mereka menamakan rock fishing. Dari atas tebing-tebing yang curam lagi tinggi, pemancing mania itu memanjarkan gagang pancingnya. Di sini juga para nelayan berburu lobster dengan krendet. Mereka memasang perangkap dari jaring itu dari atas tebing-tebing denga tali.
Kalau selama ini yang diketahui wisatawan surganya wisata kuliner di Pantai Depok, di Pantai Baron, Pantai Ngrenehan. Mungkin kuliner seafood di Pantai gesing bisa dicoba. Di tepi pantai, terdapat pelelangan ikan. Saat kami berkunjung ke sana, tampak pula mobil keluar masuk mengangkut ikan dari pelelangan itu.
Warung-warung yang menyediakan makanan laut cukup banyak di sana. Nah, bagi wisatawan yang ingin menyantap kuliner dengan sedikit berbeda, di atas bukit itu terdapat warung ikan bakar. Pondok-pondok yang di sediakan di warung ikan bakar itu mengarah langsung ke pantai. Pastinya menambah selera makan Anda saat berwisata di Pantai Gesing ini.
Pantai Gesing


















Akses jalan di atas bukit Pantai Gesingasm
Pantai ini masih dalam tahap pembangunan, tampak terlihat jalan yang bisa menyelusuri pantai di atas bukit ini masih terputus. Namun begitu, pengunjung bisa berjalan  jauh sambil menikmati keindahan pantai sampai sekitar 600 meter. Dan inilah satu-satunya pantai di Gunungkidul jalan yang bercor di atas perbukitan pantai. Sangat keren dan kreatif.
Menurut dari penelitian, dulunya daratan di Gunungkul yang bisa dilihat sekarang ini merupakan lautan. Maka jangan heran batu-batu yang bercokol keras, kokoh, dan eksotis ini di setiap daratan Gunungkidul terdapat bebatuan yang bentuknya seperti karang di laut. Dan di atas tebing Pantai Gesing tersebut kita bisa melihatnya lebih jelas lagi, dan berbagai bentuk yang sangat cantik untuk diabadikan dengan kamera.
Pantai Gesing
















 
Setelah puas dan letih  berjalan ke sana ke mari di tebing itu, kami pun mengambil motor yang diparkir di depan warung ikan bakar itu menuju ke Pantai Utama. Benar saja, keindahan Pantai Gesing tak hanya dilihat dari atas ketinggian saja, namun dari dekat tak kalah memesonanya.
Pengunjung tidak begitu ramai di sana. Namun pengunjung yang ada di sana sangat asyik bermain deburan ombak dan bermain air di tepian pantai. Di hijau kebiruan Pantai Gesing mereka terlalu asyik bermain-main di tepi Samudera Hindia ini. Jangan lewatkan bermandi ria di pantai ini, jika sahabat travel berkunjung ke Pantai Gesing.
Kalau tidak hari semakin petang saja malas sekali rasanya menyudahi berwisata ke Pantai Gesing. Dan waktu rasanya terlalu cepat berputar saat berada di sini, ya kami sadar keindahan Pantai Gesing membuat kami betah berlama-lama dan lupa akan pulang ke Yogyakarta lagi.
Pantai Gesing

















Pantai Gesing berada di Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Biaya masuk hanya Rp 3.000 per orang, sangat murah sekali bukan berwisata ke Pantai Gesing?
Menuju ke Pantai ini juga sangat mudah, kalau kami sendiri dari Jalan Parangtritis, setelah Jembatan Kretek belok kiri menuju ke Gunungkidul. Atau dari Pantai Parangtritis menuju ke arah timur, Bukit Watu Gampit, ikuti saja jalan menuju ke Gunungkidul. Sebenarnya untuk jalan ke sini tidak terbatas, kalau dari Jalan Imogiri menuju ke Panggang, dan rute dari sini lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar