Minggu, 30 Oktober 2016

Rosi Kunci Posisi Runner-Up Dovisioso Juara di Sepang


Seri MotoGP kembali digelar di Sirkuit Sepang,Pebalap MotoGP Tim Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara seri ke-17 MotoGP 2016 yang diselenggarakan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Minggu (30/10/2016) siang.Dovi panggilan akrab Dovizioso menorehkan waktu terbaiknya dalam Seri MotoGP 17 dengan catatan waktu 42 menit 27 detik. Sementara itu pada posisi dua ditempati oleh Valentino Rossi dan diposisi tiga dimenagi oleh juara dunia 2015 Jorge Lorenzo.

Kemenangan di Malaysia merupakan yang pertama bagi Dovi, setelah sebelumnya terakhir kali memenangi balapan di GP Inggris pada 2009. Sementara finis di posisi dua GP Malaysia membuat Rossi mengunci posisirunner-up MotoGP 2016. Poin 236 yang dimiliki tak mungkin dikejar lagi sang pesaing terdekat, Lorenzo.

Jalannya Balapan
Valentino Rossi yang start dari posisi dua memang sempat tercecer ke posisi empat. Namun, berkat pengalaman serta skill yang dimiliki, The Doctor –julukan Rossi– mampu melewati tiga pembalap di depannya untuk menempati tangga teratas setelah menghabiskan lap pertama.

Akan tetapi, keunggulan Rossi hanya berlangsung satu lap. Sebab, Andrea Iannone yang start dari posisi enam sanggup menyodok ke posisi pertama. Ia melewati Rossi di tikungan 12 sirkuit yang berada di Kota Selangor tersebut.
Juara MotoGP 2015 yakni Jorge Lorenzo memang sempat meimpin balapan di awal-awal lomba. Namun sama seperti sebelumnya, pembalap berjulukan X-Fuera kurang fasih mentas di sirkuit yang digenangi air. Alhasil ia menduduki posisi enam setidaknya hingga empat lap awal.

Balapan berlangsung ketat, terkhusus di lima pembalap terdepan (Iannone, Rossi, Andrea Dovizioso, Marc Marquez dan Cal Crutchlow). Namun, jarang ada overtake yang melibatkan kelimanya.

Baru pada lap ke-12, Rossi berhasil melewati Iannone untuk merebut posisi pertama. Tak lama berselang, nasib nahas dialami pembalap Tim LCR Honda, Cruthlow. Sedang menduduki posisi empat, rider berpaspor Inggris harus terjatuh dari sang kuda besi.

Hal yang sama juga dirasakan Marquez dan Iannone satu lap berselang. Berbeda dengan Marquez yang masih bisa melanjutkan balapan, Maniac Joe –sapaan akrab Iannone–  dan Crutchlow harus terhenti karena motornya mengalami kerusakan akibat terjatuh.

Pada lap 15, atau empat putaran jelang garis finis, Dovizioso membuat gebrakan. Riderberpaspor Italia sukses melewati Rossi untuk menempati tangga teratas. Posisi tersebut terus ditempati The Iron Will –julukan Dovizioso– hingga akhir balapan. Sementara posisi dua ditempati Rossi, melengkapi podium ialah Lorenzo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar