Kamis, 27 Oktober 2016

Tips Membantu Anak ketika Stres Menurut Islam


Beredarnya kabar mengenai terorisme dan kekerasan yang banyak melibatkan sebagian umat muslim membuat anak-anak merasa cemas. Anak akan mengalami masa-masa yang sulit ketika dihantui perasaan takut. Lebih parah lagi mereka bisa mengalami stres.

Oleh sebab itu, orangtua perlu menolong anak-anak mereka.maka inilah beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua ketika anak stres karena cemas.
Bicara, peluk, dan bicara
Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui bagaimana stres atau kecemasan anak adalah dengan berkomunikasi secara terbuka dengan mereka. Ketika mereka pulang dari sekolah, ajukan pertanyaan terbuka. Beri pertanyaan spesifik, apakah anak menderita stres karena lingkungan politik saat ini? Orangtua mungkin perlu terlibat untuk melindungi anak dari pelecehan.
Tempatkan Anak di bawah perlindungan Allah
Ibn 'Abbas meriwayatkan dari Rasulullah, damai dan berkah besertanya, gunakanlah untuk memuji al-Hasan dan al-Husain untuk meminta perlindungan Allah dengan mengatakan: "Lindungi aku dari setan dan orang-orang jahat "(Al-Bukhari).
Beri kenyamanan
Yakinkan anak bahwa Anda berada di sana untuk dia. Seperti Khadijah istri nabi yang selalu menghibur dan mendukung ketika orang lain yang melawan Rasulullah. Lakukan hal yang sama untuk anak-anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar