Jumat, 04 November 2016

Mental Timnas Indonesia Harus Di Uji Di Laga Tandang


Tim Nasional Indonesia harus di uji mental untuk bisa mempunyai mental yang kuat khususnya di laga tandang. Indonesia terkenal memiliki catatan yang buruk ketika melakoni laga tandang.oleh karena itu laga melawan Myanmar di Yangon, Jumat (4/11), diibaratkan oleh mantan pelatih Timnas Indonesia  U23 Rahmad Darmawan sangat  penting untuk menguji mental tanding Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Sejak kembali ditangani Riedl, Indonesia baru menjalani dua laga uji coba melawan Malaysia dan Vietnam. Kedua laga tersebut berlangsung di kandang sendiri, yakni ketika Indonesia mengalahkan Malaysia 3-0 di Stadion Manahan Solo dan menahan imbang Vietnam 2-2 di Sleman.

Laga tandang melawan Myanmar dianggap Rahmad sangat penting bagi skuat Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2016. Terlebih seluruh lawan Indonesia di Grup A, terutama Thailand dan Singpura, telah menjalani banyak laga tandang.

"Itu yang selalu ada dalam program uji coba yang saya minta. Saya pribadi menggelar uji coba itu keinginannya selalu di luar negeri," ujar pelatih yang akrab disapa RD tersebut kepada CNNIndonesia.com.

"Justru kita mendapatkan dua manfaat saat menjalani uji coba di luar negeri. Pertama, kerja sama, strategi dan taktik bermain akan lebih terlihat secara tim. Kemudian kita juga mengasah mental pemain," sambungnya.

Salah satu kendala menggelar uji coba di luar negeri adalah biaya yang besar. Kendala itu juga dialami RD ketika menangani Timnas Indonesia senior dan U-23.

Kendati demikian, jelas RD, hasil yang akan diperoleh dari kunjungan ke luar negeri akan setimpal dengan peningkatan mental maupun kerja sama pemain dalam menghadapi turnamen nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar