Selasa, 08 November 2016

PEMILU AMERIKA : Hillary Clinton Menang di Kota dengan Populasi Terendah di AS



Pemilihan Presiden Amerika Serikat Periode 2016-2018 dimulai pada Tanggal 8 November 2016 waktu Amerika Serikat.Pertarungan sengit tingkat tinggi antar dua partai besar yaitu Partai Republik dengan jagoaannya DONALD TRUMP dan Partai Demokrat HILLARY CLINTON telah dimulai,banyak isue yang mengiringi PILPRES Amerika tahun ini,mulai dari pelecehan Oleh Donald Trump dan Skandal Email Hillary yang diinvestigasi oleh FBI.

Wilayah dengan populasi penduduk terendah itu memiliki sekitar delapan warga yang ikut terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu kali ini. Penghitungan suara menunjukan Clinton berhasil meraih empat suara mengalahkan rivalnya dari partai Republik, Donald Trump yang hanya berhasil meraup dua suara.

Sementara satu suara memilih kandidat presiden AS dari Partai Libertarian, Gary  Jhnson. Satu suara secara mengejutkan memilih Mitt Romney yang merupakan mantan capres AS di pemilu tahun 2012 lalu.

Sementara itu, penghitungan suara Dixville Notch terkait persaingan Senat AS menemukan jalan buntu. Pasalnya, kandidat partai Demokrat, Maggie Hassan, dan petahana dari Republik, Senator Kelly Ayotte, sama-sama mendulang empat suara.

Dilaporkan oleh cnn International, beberapa wilayah pinggiran di New Hampshire menjadi yang pertama membuka pemungutan suara di AS dengan menggelar pemilu awal. Biasanya pemilu awal ini dilakukan Senin (7/11) malam, sehari sebelum pemilu digelar.

Hasil pemilu awal di wilayah Harts berhasil dimenangkan oleh Clinton dengan selisih suara tipis 17-14 dibandingkan Trump.

Di sisi lain, Trump mendominasi hasil pemilu awal di wilayah New Hampshire lainnya, Millsfield, dengan suara 16 suara. Sementara Clinton hanya memperoleh empat suara. Di wilayah itu, satu warga memilih Bernie Sanders, mantan kandidat capres AS dari partai Demokrat.

Ketiga wilayah itu memiliki populasi penduduk kurang dari 100 orang. Berdasarkan hukum New Hampshire, wilayah dengan jumlah pemilih di bawah 100 orang tetap dapat membuka pemungutan suara lebih awal pada malam sebelum hari H pemilu.

Hasil suara dari pemilu di kota kecil turut mempengaruhi hasil suara pemenangan pemilu dalam empat gelaran pemilu sebelumnya. Pada tahun 2000 dan 2004, hasil suara pemilu dari wilayah dengan populasi penduduk terendah berhasil membawa kemenangan bagi George W Bush. 

Hal yang sama juga terjadi pada pemilu tahun 2008 yang akhirnya memenangkan Barrack Obama sebagai presiden AS ke-44. 

Sumber artikel : Cnn International

Tidak ada komentar:

Posting Komentar