Selasa, 07 Februari 2017

WASPADA !! Buncit di Perut Belum Tentu Karena Kelebihan Lemak, Bisa Jadi Karena Hal Ini...

Sobat pasti pernah mengalami perut kembung kan? Pasti rasanya tidak enak. Perut kita rasanya begah seperti dipenuhi udara. Perut kembung sendiri terjadi karena adanya gas yang berlebih pada lambung dan usus. Gas yang berlebih ini nantinya akan dikeluarkan lewat kentut.

Nah, kalau perut sobat sedang kembung biasanya akan mengalami sendawa yang berlebihan atau frekuensi kentut menjadi lebih sering. Wah, bisa malu kan kalau kentut di depan banyak orang?



Namun jangan khawatir untuk kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah ini secara alami dan juga dalam waktu cepat.

Menggunakan jahe

Jahe adalah salah satu tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati perut kembung. Selain dapat membuang gas dalam perut, jahe juga berfungsi melancarkan pencernaan. Caranya pun mudah, sobat tinggal mengunyahnya langsung atau menambahkan jahe pada makanan maupun minuman.

Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis pun ternyata dapat menyembuhkan perut kembung. Caranya: peras jeruk nipis, gunakan airnya untuk membuat minuman dengan air hangat, campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Minumlah ramuan ini dan rasakan hasilnya.

Menggunakan bawang merah

Lagi-lagi bahan dapur dapat digunakan untuk pengobatan. Bawang merah bisa membantu sobat mengatasi perut kembung loh! Caranya sederhana, parutlah bawang merah secukupnya, lalu campurkan parutan bawang merah tersebut dengan minyak

kayu putih. Lalu, tempelkan ramuan ini di bagian pusar.

Minum teh manis hangat

Ada cara yang cukup enak untuk mengatasi perut kembung, yakni dengan meminum teh manis hangat. Tapi sebaiknya jenis teh yang sobat konsumsi adalah teh hijau atau teh hitam. Agar lebih segar, sobat juga dapat menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis dengan campuran satu sendok makan madu ke dalamnya. Sobat pasti suka kan?

Makan sup hangat

Selain minum teh manis hangat, ada lagi cara enak yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi perut kembung. Caranya adalah dengan memakan sup hangat. Sederhana dan tentunya cukup efektif menghilangkan udara yang terjebak dalam perut sobat.

Bergerak setelah makan

Setelah makan dengan kenyang biasanya seseorang tertarik untuk bersantai atau bahkan rebahan di kasur. Hindari hal tersebut. Agar pencernaan lancar dan metabolisme tubuh bekerja dengan baik, sobat disarankan untuk bergerak selama 10 menit usai makan. Tapi tidak perlu melakukan olahraga berat ya! Cukup dengan lari kecil di tempat misalnya. Bergerak setelah makan bisa mengurangi tumpukan gas yang ada di saluran pencernaan.

Kebiasaan tidur setelah makan juga dapat berakibat yang tidak baik untukkesehatan kita. Kebiasaan ini akan membuat perut kita menjadi buncit. Ada beberapa cara yaang bisa sobat lakukan untuk mengatasi perut buncit ini. Simak tipsnya berikut ini

Kurangi makanan yang mengandung garam berlebih

Bila sobat mengalami perut kembung, sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Perhatikan komposisi garam pada makanan yang hendak sobat makan dan sebaiknya jangan makan makanan olahan seperti nugget, atau makanan dalam kemasan lainnya.

Olahraga secara teratur

Berolahraga secara rutin dapat menghindarkan sobat dari perut kembung. Setidaknya, sediakan waktu 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan di rumah seperti yoga, senam, atau pilates. Dengan berolahraga secara teratur dapat menjaga sistem metabolisme tubuh dan juga melancarkan sistem pencernaan.

Demikian sedikit tips yang bisa sobat coba sebagai cara mengatasi perut kembung. Sebaiknya kenali dulu penyebab perut kembung yang sobat alami, sehingga sobat akan tahu persis bagaimana cara mengatasinya. Bila perut terasa masih kembung, bisa jadi sobat memang sedang dalam kondisi tidak fit. Maka ada baiknya bila sobat memeriksakan hal tersebut ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar